Sunday, September 25, 2011

Pengertian Pendidikan


Pendidikan memiliki arti luas, sehingga ada beberapa definisi adalah sebagai berikut:

a.        Menurut UU no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan kepribadian, , mulia karakter, dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

b.      Menurut GBHN GBHN 1988 memberikan batasan pada pendidikan nasional adalah pendidikan nasional berakar pada budaya Indonesia dan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 diarahkan untuk memingkatkan kecerdasan dan dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab untuk pembangunan bangsa.

c.       Menurut KI Hajar Dewantara Pendidikan sebagai upaya untuk memajukan karakter, pikiran dan anak fisik dalam rangka memajukan kesempurnaan hidup yang hidup dan menghidupkan anak itu dalam harmoni dengan alam dan lingkungan.

d.      Menurut Carter V. Pendidikan yang Baik adalah proses pengembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Proses sosial di mana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu yang dipandu lingkungan (terutama di sekolah) sehingga ia dapat mencapai dan mengembangkan keterampilan sosial kepribadiaannya.

e.      Oleh: Frederick J. Mc Donald Pendidikan adalah proses atau kegiatan yang diarahkan untuk mengubah perilaku (perilaku) manusia. Makna dari perilaku merupakan setiap respons atau tindakan seseorang, sesuatu seseorang.

No comments:

Post a Comment