Wednesday, July 27, 2011

APLIKASI INDUKSI ELEKTROMAGNET PADA SISTEM PENGERAS SUARA


      APLIKASI INDUKSI ELEKTROMAGNET PADA SISTEM PENGERAS  
SUARA
Perhatikan Gambar 16! Gambar 16 memperlihatkan beberapa komponen sound system. Dari komponen ini, menggunakan prinsip induksi elektromagnetik, yaitu mikrofon atau tape recorder. Bahwa keluaran dari setian komponen tersebut dihubungkan ke pengeras suara yang memperkuat sinyal dan mengirimkan ke loudspeaker, sehingga dapat didengar. Atau sinyal dari mikrofon dapat disalurkan langsung ke tape recorder untuk direkam.
9.jpg
Gambar 16 Mikrofon dan tape recorder dihubungkan dengan
                                   penguat suara dan ke loudspeaker

Aplikasi Induksi pada Mikrofon
Banyak jenis mikrofon, yang system operasinya menggunakan prinsip induksi. Mikrofon terdiri dari sebuah kumparan kecil yang dihubungkan dengan membrandan dipasang dekat dengan sebuah magnet permanen kecil, lihar Gambar 17. Ketika gelombang suara dating (suara MC, penyanyi, dan lainnya) menggetarkan membran, kumparan ikut bergetar didaerah medan magnet hingga menghasilkan ggl induksi pada kumparan tersebut. Besarnya frekuensi ggl induksi bergantung pada frekuensi gelombang suara yang diterima oleh membran. Ggl ini berupa sinyal yang dapat diperkuat dan dikirimkan melalui penghantar ke loudspeaker, atau dikirim ke sebuah tape recorder untuk direkam dalam pita.

10.jpg
Gambar 17: Bagan mikrofon yang bekerja menggunakan induksi.

Aplikasi Induksi pada Perekaman ke Kaset
Kaset yang digunakan pada tape recorder untuk audio dan video mengandung lapisan tipis oksida magnetik pada pita plastic tipis. Selama rekaman berlangsung, tegangan sinyal audio dan video dikirim ke head rekam yang berfungsi sebagai elektromagnet kecil yang memagnetisasi sebagian kecil dari pita yang pada saat itu sedang berada di celah sempit dari head  seperti Gambar 18. Sedangkan pada proses main ulang, perubahan magnet pada pita yang bergerak melewati celah menimbulkan perubahan medan magnet pada head besi lunak, yang menimbulkan ggl induksi pada kumparan (sesuai hukum Faraday). Ggl induksi ini merupakan sinyal keluaran yang dapat diperkuat dan dikirim ke loudspeaker (atau, untuk sinyal video ke tabung gambar). Pada audio dan video recorder, biasanya digunakan  sinyal analog yang amplitudonya berubah secara kontinu terhadap waktu. Perbedaan tingkat magnetisasi pada pita di setiap titik mencerminkan variasi amplitude sinyal audio atau video.
10.1.jpg
Gambar 18: Head yang digunakan untuk merekam (record) dan
              atau memutar (play) ulang pita kaset atau disc.

No comments:

Post a Comment