Wednesday, July 27, 2011

Pengertian lemak


        Pengertian lemak
Lemak dan minyak adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golongan lipid,  yaitu  senyawa  organik  yang  terdapat   di  alam  serta  tidak  larut  dalam  air, tetapi  larut  dalam  pelarut  organik  non-polar,misalnya  dietil  eter  (C2H5OC2H5), Kloroform (CHCl3), benzena dan hidrokarbon lainnya, lemak dan minyak dapat larut dalam  pelarut  yang  disebutkan  di  atas  karena  lemak  dan  minyak  mempunyai polaritas yang sama dengan pelaut tersebut.
Bahan-bahan dan senyawa kimia akan mudah larut dalam pelarut yang sama polaritasnya  dengan zat terlarut. Tetapi polaritas bahan dapat berubah karena adanya proses kimiawi.  Misalnya asam lemak dalam larutan KOH berada dalam keadaan terionisasi dan menjadi lebih polar dari aslinya sehingga mudah larut serta dapat diekstraksi dengan air. Ekstraksi asam  lemak  yang  terionisasi  ini  dapat dinetralkan  kembali  dengan  menambahkan  asam  sulfat  encer  (10  N) sehingga kembali menjadi tidak terionisasi dan  kembali  mudah  diekstraksi   dengan  pelarut non-polar. 

Lemak dan minyak merupakan senyawaan trigliserida atau triasgliserol, yang berarti "triester dari gliserol" . Jadi lemak dan minyak juga merupakan senyawaan ester . Hasil hidrolisis lemak dan minyak adalah asam karboksilat dan gliserol . Asam karboksilat  ini  juga  disebut  asam  lemak  yang  mempunyai  rantai  hidrokarbon  yang panjang dan tidak bercabang.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment